KKM [Kembali Ke Dunia Nyata]

KKM atau kuliah kerjanyata mahasiswa menjadi ketakutan bagifizah. Bagaimana tidak harus tinggal 24 jam selama 32 hari bersama teman yang mukanya pun fizah tak pernah tau. Hati tak tenang menunggu pengumuman kelompok KKM, dan harapan untuk punya teman yang dikenal di kelompok pupus sudah. Tak ada satupun yang fizah kenal, bagaimana oh bagaimana??

Kumpul untuk pertama kali di mesjid Ikomah (Akhirnya tau juga kalau mesjid di Kampus namanya Ikomah :P), blep, pandangan pertama walah semuanya akhwat. Mana ni yang sejenis ma fizah (re: piss ahh), apakah fizah bakal betah. Akhirnya fizah pinjem novel ke bu Nia untuk menghilangkan rasa jenuh nanti di tempat KKM (re : itu termasuk ketakutan berlebihan, da novel ga kebaca dong).

Akhirnya hari yang ditunggu-tunggu pun tiba, dukh ngantuk sangad. Gara-gara baru bisa tidur jam 4 pagi, mana malemnya baru pulang kekostan jam 11 lagi. Bismillah..

Malam pertama kita dipisah jadi 3 kelompok. Kelompok 1 di rumah Pak Saep (Sohib, Yusuf, Afif dan Aab), kelompok 2 di rumah Bu Sri (Fizah, Irma, Fety dan teh Yiyis) dan kelompok terakhir di rumah Bu Lurah (Nia, Santi, Cucu dan Nuy). Asa gimana gitu, harusnya malam pertama itu kita pake kumpul, pengen lebih dekat, ekh taunya dipisah.😦

Kumpul untuk pertama kali pas paginya, di rumah Pak Saep yang ditempatin ma nak cowo, yang akhirnya setelah nego dengan bu lurah kita ditempatin di rumah Pak Saep. Syukur sangad, secara rumahnya enak banged. Semua kekhawatiran tentang rumah lepas.

Tapi ngangkutin barang dari rumah bu Sri panjang banged, bayangin musti ngangketin koper, tapi oonnya naha gak pake ojeg ajj yak..haha

Semua hal negative yang fizah pikirkan tentang temn-teman ga terjadi. Fizah nyaman dengan mereka, mau nerima fizah yang kayak gini. Khusunya temn-teman perempuanku, tak pernah sekalipun mereka protes fizah lebih sering ngobrol dengan cowo (re: maaf ya.. kalian juga tau kan kenapa fizah kayak gitu). Belum lagi temen-temen yang selalu ngingetin fizah sholat, khusunya ke Bu Nia.

Banyak hal-hal baru di KKM yang fizah rasain, seperti:

  • Jadi tau lagu-lagu nasyid, secara selama kuliah ga pernah ada yang nyetel lagu nasyid
  • Kerudung jadi ga pernah lepas, cuman sekali doang pas hari pertama itupun kelupaan. Ekh langsung dimarahin ma sohib..
  • Jadi sering banged make rok. Pernah sekali waktu, make rok terus make bajunya juga yang panjang, haduh„ setelan yang ga akan dipake ke kampus.heheu
  • Kalo minum sambil berdiri, langsung ada yang bacain hadist..
  • Mandi ke lebak karena gada air, ekh kang sohib kita tinggal soalnya dia lagi tidur..
  • Jalan jauh mendaki gunung lewati lembah ke kombongan di selingi dengan menghindar dari monyet liar dan diakhiri dengan terjun ke sungai. Mantabhh..
  • Debat bareng dengan bu nia tentang masalah apapun, walau debatnya panas tapi ga pernah pake urat.
  • Makan jadi teratur 3 kali sehari, pagi jam 7, siang jam 1 dan malam abiss isya.. jadi weh naek 3 kilo..
  • Ngajar Madrasah Diniyah, padahal bisa apa fizah, cuman modal bisa ngaji doang.
  • Jam 5 uda bangun, kalo piket jam 4 kurang malah. Tapi bangun jam segitu te ga tidur lagi. Aneh kan, bukan fizah banged..heheu
  • Pabalap makan tutut ma yusuf..
  • Naek truk, mana yang nyupirinnya kayak yang bawa hewan ternak bukannya manusia.
  • Maen voli mpe tangan merah and biru, seumur-umur gapernah maen voli selama itu.
  • Ngerasain gempa jelas banged„
  • Ngender suara anjing mengaung, mpekebangun jam 2 dan gbsa tidur lagi..
  • Ngerasain kejadian mistis..
  • Rasa persaudaraan yang kuat ketika Sohib dan Fety kecelakaan. Yusuf dan nak cowo yang riweuh nyari kendaraan, fizah dan beberapa temen yang juga ikut2an riwueh nyari kendaraan, dan beberapa temannya stand by dirumah menungu kabar dan berusaha nyari kendaraan ke kelompok lain.
  • Jadi perawat sesaat..
  • Maen make mobil, ngampar dan muntah massal. Kapok mending momotoran ah..
  • Melakukan hal yang menurut fizah harusnya ga akan pernah fizah lakuin depan cowo, tapi saking ga kuatnya fizah ngelakuinnya depan yusuf„ Waduh, kagoklah, yusufnya juga biasa ajj yaga..heu (re: Jangan pada mikir yang negative ya temen-temen heheu)
  • Ke cikajang bareng neng fety ujan-ujanan pula serta menempuh selimut kabut. Nyampe rumah jam 7 langsung di ambekan ma Afif„ heheu. Map attu!!
  • Ngerasa punya aa!! (re: Kang Afif, aa kita berdua fizah dan fety)
  • Jadi tau beberapa kosa kata sunda yang sebelumnya ga pernah fizah ketahui..
  • Kalo uda ngobrol bareng ma Yusuf dan Sohib kayak ngobrol bareng Vido dan Arul..

Apa lagi yak„ banyaklah pokoknya hal-hal yang ga akan fizah lupain, dari tanggal 10 Maret kita kumpul bareng sampai tanggal 10 April kita pulang. Kini fizah harus kembali ke dunia nyata, dunia sebenarnya. Fizah anggap 1 bulan kemaren bisa dibilang dunia dongeng, yang ga akan fizah lupain (re : mudah2an, kalo fizah masi dikasi ingetan yang panjang). Hal hal yang baik akan fizah terus lakukansedangkan hal-hal yang buruk harus dihilangkan.

Kini fizah kembali sendiri, dikostan, makan sendiri ga kayak dulu yang makan selalu bareng. Harus memikirkan skripsi..

Huft..

Akan sangad kangen kebersamaan kita dulu!!

Bu Irma teman sebelah tidurku..

Bu Nia yang kalem-kalem gimana dan teman lebayku..

Teh Yiyis yang riweuh..

Teh Cucu yang pendiem tapi kalo uda ngobrol, waduh!!

Bu santi, yang fizah kasih jempol, bisa beradaptasi kita..

Neng Nuy, yang cerewet abis dan gedebag gedebuk di tangganya..

Aab yang suka minjemn motor..

Afif, lebih seperti kakak buat fizah dan fety..

Yusuf, yang walopun selengek an. Ekh„ ternyata oh ternyata..

Sohib temen berantem fizah..

Dan terakhir fety, temen paling deket. Ga kepikiran sama sekali fizah bakal deket ma dya„

NB: Fizah bukan penulis„cuman pengen ngeabadiin perasaan yang fizah rasain selama KKM. Itupun belum semuanya ketulis..huft

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s