Tidak Boleh Melakukan ‘ini’ di Jepang

Jikalau ni ya punya kesempatan di Jepang, ada beberapa kebiasaan yang harus kita ikut juga. Karena jika tidak, kita akan dianggap tidak sopan, sepert :

1. Selalu menggunakan akhiran -san dalam menyebutkan nama seseorang. Karena kalau langsung memanggil namanya akan dianggap tidak sopan, apalagi memakai kata “anata” (kamu). Panggil namanya saja yaa..πŸ™‚

2. Jangan pernah menyisakan makanan dan menambahkan kecap asin pada nasi puti.. Tapi jika mengangkat mangkok atau piring ketika makan dan mengeluarkan bunyi slurrpp malah tidak apa-apa.

3. Jangan pernah menusukkan sumpit ke atas nasi karena akan mengingatkan dengan upacara kematian. Serta jangan pernah menjilat sumpit seenak apapun makanannya.

4. Jika sedang didalam kereta janganlah menelpon karena akan menganggu orang sekitar (andai orang indonesia juga beranggapan seperti itu yaa.. :P) serta matikan ringtone ketika sedang berada dekat anak-anak dan orang tua, karena bisa membuat mereka kaget sehingga kambuh sakitnya..

5. Jangan pernah memberikan tips, apalagi jika anda memberika tips ketika di restoran dan rumah makan akan dianggap menghina. (180 derajat dari indonesia ya..)

6. Jangan tersinggung jika ada yang mendorongmu, karena berarti itu kamu telah menghalagi seseorang. Lalu jangan beridiri sembarangan ketika di eskalator, di tokyo ada aturan tidak tertulis, sebelah kanan jika ingin santai dan sebelah kiri jika ingin sambil berjalan.

7. Jika di undang dalam acara minum minum yang biasa disebut “Nomikai”, jangan pernah minum dalam gelasmu duluan. Tunggu sampai ada yang memberi aba aba “Kampai” lalu meminum bersama-sama..

8. Dan yang paling penting adalah jangan pernah terlambat, karena orang jepang benci orang yang tidak tepat waktu..πŸ™‚

9. Orang Jepang cenderung tidak pernah menyentuh orang yang belum dikenalnya. Maka biasanya mereka tidak melakukan jabat tangan ketika berkenalan tapi membungkukkan badan..

10. Ketika memasuki rumah seseorang, sendal atau sepatu harus dilepas. Tekadang aturan ini juga berlaku di beberap rumah makan.

*diambil dari berbagai sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s