Alasan Perempuan Nikah Muda ^^

Nikah MudaDua hari yang lalu ada salah seorang teman yang nge BBM, dia nanyain terkait keputusan seorang perempuan yang lazimnya diambil di Indonesia. Yak, berhubung waktu yang tidak tepat karena sedang nonton “The Innocent Man” – Drama Korea yang filmnya bener bener menguras air mata. So, gak bisa dipake dong hati ini untuk share terkait perasaan/keputusan perempuan.

Nah, mumpung sekarang lagi mati yang otomatis mati gaya juga dalam kerja kita pake buat sharing ya, sekaligus menjawab pertanyaan temen Fizah. Yang ditanyakan oleh temen Fizah tu gini, “Menurut Fizah, tujuan menikah muda apa sih? Kalangan wanita biasanya kebelet banged buat nikah muda.. Soalnya kalo ane sih, sebagai cowo ane kepengennya menikah setidaknya sukses dulu.. paling tidak, punya modal dululah seenggaknya, ato paling juga arget ane sih paling cepet nikah tuh sekitar umuran 27.. sedangkan cewe pengen banged nikah muda.. rata rata seperti itu, why??”

Jawaban fizah adalah..

*mikir keras*

Gak terlalu keras juga sih, soalnya bingung merangkaikan kata katanya..

Jadi gini, berhubung karena ini dimintanya menurut fizah jadi jujur, kalo fizah sebenernya bukan tipe yang pengen nikah muda. Fizah pengen lulus dulu (tetep), S2 kalo memungkinkan (tapi harus lulus dulu), bikin usaha, dan maen sepuas-puasnya. Karena fizah dibesarkan dengan ajaran perempuan beristri itu harus menurut dengan suami. Setiap mau pergi harus izin suami, setiap mau ambil keputusan izin suami, dan semua semuanya harus dengan suami. Tidak ada lagi peran orang tua disini, orang tua hanya bisa memberi masukan. Sesuai yang pernah disampaikan oleh ayah, “ayah mau memberikan anak ayah kepada lelaki yang mau mengambil beban atas anak ayah dipundak ayah”. Dari kata kata ayah ajja udah kelihatan, semua muanya musti atas kehendak suami, karena seorang perempuan sepenuhnya akan jadi tanggungan suami.

Disambungkan dengan yang tadi, mangkanya fizah belum pengen nikah dulu. Masih pengen maen sana saini, ngebolang, soalnya kalau sudah menikah semua hidup fizah bakal untuk suami. Klise memang, tapi memang seperti itu yang di ajarkan keluarga kami.

Untuk kalimat di atas, ambil dari sudut positifnya ya. Bukan berarti ketika sudah menikah seorang perempuan jadi tidak punya privasi..πŸ˜€

Lanjut ke pertanyaan temen fizah. Walaupun fizah belum pengen nikah muda, tapi di lubuk hati terdalam udah pengen nikah. Punya kehidupan sendiri, melayani suami, punya anak, dll. Mungkin itu udah kodrat perempuan kali ya..πŸ™‚

Menurut fizah, ada beberapa faktor perempuan nikah muda :

  1. Umur. Wanita dibatasi umurnya, kalau nikahnya telat nanti hamilnya juga telat dong. Kasihanilah perempuan, sakit lo hamil di umur di atas 32. Pengalaman bunda, yang bikin fizah kasian..πŸ™‚ Terus perempuan juga ada masa monopouse, kalau telat nikah nanti ‘melayani’ suaminya gak bisa maksimal dong..πŸ˜›
  2. Lingkungan. Gimana enggak, lingkungan di Indonesia masih jadi omongan kalau seorang perempuan telat nikah. Bandingkan dengan di luar negri, bisa dibayangkan kan?? Buktinya ajja fizah, adek fizah nikah duluan. Keluarga dan beberapa masyarakat heboh dan mempertanyakan. Lah, fizahnya ajja cuek..
  3. Mitos. Masih berkembangnya mitos di Indonesia yang belum tentu benar, antara lain : Nikah muda bisa menimang anak & cucu lebih lama, menghindarkan diri dari zina, lebih mudah mengurus anak, usia orang tua masih produktif untuk biayai anak, dan mitos lainnya.

Mungkin itu kenapa banyak perempuan nikah muda. Ini untuk jawaban menurut fizah ya, terlepas dari ‘MBA’ dan pengen terhindar dari hal hal yang dilarang agama.

Maka, untuk lelaki disana, jika tidak ingin nikah muda pacarilah perempuan yang umurnya dibawah anda. Lagian juga perempuan perempuan kan juga lebih suka laki laki yang mapan dan penyayang (bisa didapat dg. yang lebih tua).

Yak, itu lagi lagi menurut fizah ya. Kalau missal temen temen ada pendapat lain, mungkin bisa nambahin.. ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s