Efek Lokasi, Nama dan Bentuk

Kemaren di grup SMA sedang rame upload perbedaan harga makanan padaahal jenisnya sama. Salah dua gambarnya seperti dibawah ini.

image

image

Kenapa bisa berbeda padahal jelas jelas rasanya sama. LANgsung bisa di tebak ada 3 efek kenapa harga bisa berbeda.
1. Lokasi : efek ini yang benar benar dominan. Bayangkan, jika di warteg ga mungkin kan harganya selangit gitu. Secara yang belinya kalangan menengah ke bawah.
2. Nama : Efek namanya juga berpengaruh. Bayangkan, ice tea gitu lo, lebih keren, jelas harga lebih mahal.
3. Bentuk : Bentuk indah selalu di lirik.

Intinya bukan hanya pada makanan teman, pada pribadi manusia juga seperti itu. Selaras dengan materi briefing salah satu rekan fizah dikantor yang berjudul 3 kaleng soda, dimana intinya soda ini sama sama dibuat do pabrik yang sama. Tapi karena tempat penjualannya berbeda harga mereka berbeda.

Begitu pun dengan manusia, mereka menempuh pendidikan yang sama, kualitas sama tapi hanya karena 3 efek di atas, bisa jadi harga jual mereka jauh.

Ambil contoh terdekat, fizah, kerja di konsultan, yang nama perusahaannya saja banyak yang tidak tau kecuali di kalangan konsultan lagi. Jenis pekerjaan merangkap rangkap.

Bandingkan dengan salah satu teman fizah, kerja di perusahaan terkenal dan hanya menjalani satu jenis pekerjaan.

Jelas hasilnya adalah semua akan kagum dengan teman fizah karena nama perusahaannya. Jangan tanya salary pasti jauh beda.

Tapi saat ini fizah bukan sedanh ingin mengeluh tentang pekerjaan. Selagi kita senang dengan pekerjaan yang kita jalani, semua akan berjalan lancar.

Hanya memang benar, lokasi, nama dan bentuk selalu berpengaruh.

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s